Cari Blog Ini

Memuat...

Senin, 06 Desember 2010

Natal, Kenapa 25 Desember??

Satu Pertanyaan timbul di benak saya " kenapa Natal tanggal 25 Desember ??" padahal Natal yang merupakan perayaan kelahiran Tuhan Yesus tidak tercatat kapan terjadinya.

Asal Mulanya Natal / Christmas
Kata Christmas  berasal dari kata Cristes Maesse, dalam bahasa Inggris berarti Mass Of Christ ( Misa Kristus ), yang artinya misa menghormati kelahiran Kristus
Di Indonesia sendiri, Natal diakui sebagai hari raya umat kristiani untuk memperingati kelahiran Yesus Kristus. Tidak ada yang tahu kapan tanggal kelahiran Kristus, tapi hari Natal ditetapkan tanggal 25 Desember. Encyclopedia Americana, 1969, menulis bahwa ejaan Christmas dipakai sejak abad ke-16, seluruh gereja kristen kecuali Armenian merayakan kelahiran Kristus pada 25 Desember, hari ini dipilih supaya bersesuaian dengan perayaan kaum pagan ( pemuja alam) yang berlangsung selama musim dingin untuk merayakan "timbulnya kembali matahari" . Suku bangsa di Eropa Utara merayakan hari raya terbesar yaitu Yule pada akhir musim dingin untuk merayakan timbulnya kembali matahari ( dewa ) sebagai penerang dan pemberi panas.
Roman saturnalia ( perayaan menghormati dewa Saturn, dewa pertanian dan pembaharuan kuasa matahari ) juga berlangsung pada waktu yang sama dan ada yang memperkirakan, beberapa tradisi natal berasal dari perayaan ini.
Ada yang menggangap kelahiran Kristus sebagai "terang dunia" dianggap sebagai kelahiran kembali matahari sehingga sampai sekarang Natal dirayakan tanggal 25 Desember

Aslinya, Tuhan Yesus lahir sekitar bulan September-Oktober 
 Menurut alkitab Maria melahirkan Yesus pada bulan ke-7 , Tishri ( september-oktober). kira kira pada masa perayaan Pondok Daun ,mengingat Yesus lahir pada hari Raya Pondok Daun, kemungkinan besar penginapan penuh karena dipakai jamaah untuk perayaan tersebut, sehingga Maria terpaksa bersalin di Kandang di Betlehem.

tak penting soal kapan tepatnya hari Natal yang seharusnya, yang penting sukacita Natal akan kelahiran Tuhan Yesus sebagai juruselamat manusia tetap ada..

 yeah-----